KIP ACEH TAMIANG SUPERVISI USULAN LOKASI TPS

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Aceh Tamiang Adi Sartika meninjau lokasi usulan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu Tahun 2019 di Kecamatan Rantau 22 Februari 2019. Adi Sartika menegaskan kepada PPS melalui Ketua PPK Kecamatan Rantau Rahmansyah, Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus memberikan jaminan kemudahan akses bagi penyandang disabilitas. Hal ini penting untuk memastikan para penyandang disabilitas terlayani dengan baik saat menggunakan hak pilihnya. Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) penting memperhatikan lokasi pendirian TPS. Bisa saja di tempatkan di ruang terbuka atau ruang tertutup, yang penting dapat diakses dengan mudah oleh pemilih, terutama penyandang disabilitas. Selain dapat memberikan kemudahan akses bagi pemilih, lokasi TPS penting memberikan jaminan kepada pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya secara langsung, umum, bebas dan rahasia. Jika TPS itu didirikan di ruang terbuka, maka harus tersedia pelindung bagi pemilih, anggota KPPS, saksi dan pengawas terhadap panas matahari dan hujan.
Yang paling penting memastikan bahwa lokasi TPS tidak memberi ruang bagi orang untuk berlalu lalang di belakang pemilih pada saat memberikan suara di bilik suara.
Adi Sartika juga berpesan untuk menarik pemilih datang ke TPS, KPPS bersama dengan masyarakat sekitar dapat membuat desain TPS yang lebih menarik dan unik sehingga memberikan rasa nyaman bagi para pemilih yang datang menggunakan hak pilihnya.

reD. PPID KIP Kabupaten Aceh Tamiang

About administrator

Check Also

SERTIJAB SEKRETARIS KIP ACEH TAMIANG

Karang Baru, kab-acehtamiang.kpu.go.id-Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang melakukan serah terima jabatan (sertijab) antara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *